Login

Sepakbola 7 lawan 7: Anak berkebutuhan khusus dan prestasi

Vol. 3 No. 2 (2023):

Ulfatul Azizah Awaliyyah (1), Fajar Awang Irawan (2), Nonik Rahesti (3), Preeyaporn Gulsirirat (4), Aji Tri Pamungkas (5)

(1) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(4) Srinakharinwirot University, Thailand
(5) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Fulltext View | Download

Abstract:

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat olahraga, terutama olahraga sepak bola 7 lawan 7 bagi anak berkebutuhan khusus. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian one shot case study. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari peserta lomba sepak bola Special Olympics Nasional (SOIna) Kabupaten Semarang untuk tingkat SD dan Menengah (SMP dan SMA), para penggiat, aktivits SOIna Kabupaten Semarang, guru dan orang tua peserta sebanyak 157 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi selama kegiatan berlangsung. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah saat kegiatan berlangsung, penulis melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait dan melakukan dokumentasi selama kegiatan berlangsung. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwasannya anak berkebutuhan khusus mengalami keceriaan dan antusias dalam mengikuti pertandingan sepak bola 7 lawan  7 dalam kegiatan Special Olympics Indonesia (SOIna) Kabupaten Semarang. Kesimpulan yang didapatkan olahraga sepak bola 7 lawan 7 memberikan banyak manfaat yaitu dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi, meningkatkan hubungan sosial antar individu, meningkatkan kepercayaan diri, dan ajang untuk menorehkan prestasi di bidang olahraga.

 

7 on 7 football: Children with special needs and achievement

 

Abstract: This research aims to find out the benefits of sports, especially 7-on-7 football for children with special needs. The method in this research uses a qualitative descriptive method using a one-shot case study research design. The research subjects used in this study consisted of participants in the Semarang Regency National Special Olympics (SOIna) football competition for elementary and middle school (SMP and SMA), activists, SOIna Semarang Regency activists, teachers, and parents of 157 participants. Data collection techniques use interview, observation, and documentation techniques during the activity. The procedure carried out in this research was that during the activity, the author conducted interviews with related parties and carried out documentation during the activity. The results of this study stated that children with special needs experienced joy and enthusiasm in participating in the 7-on-7 soccer match in the Special Olympics Indonesia (SOIna) Semarang Regency activities. The conclusion that the sport of 7-on-7 football provides is that it can improve communication skills, improve social relationships between individuals, increase self-confidence, and is an opportunity to make achievements in the field of sports

Author Biographies

Ulfatul Azizah Awaliyyah, Universitas Negeri Semarang

Ilmu keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

Fajar Awang Irawan, Universitas Negeri Semarang

Ilmu keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

Nonik Rahesti, Universitas Negeri Semarang

Ilmu keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

Preeyaporn Gulsirirat, Srinakharinwirot University

Physical Education, Srinakharinwirot University

Aji Tri Pamungkas, Universitas Negeri Semarang

Ilmu keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang

References

Alex, B. C., Corner, & Dayton, L. B. (2012). Competition at the highest levels soccer 7-a-side. Medal Quest American Athletes and The Paralympic Games.

Ardiyanto, H. (2021). Meletakkan keterampilan mental dalam sepakbola pada konteksnya. Sepakbola, 1(2), 39–47. https://doi.org/10.33292/sepakbola.v1i2.116

Arimbi, Arfanda, P. E., Puspita, L., & Wahid, W. M. (2022). Implementasi ilmu keolahragaan dalam perkembangan olahraga disabilitas Indonesia (M. Nassrudin (Ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Bartlo, P., & Klein, P. J. (2011). Physical activity benefits and needs in adults with intellectual disabilities: Systematic review of the literature. American Journal on Intellectual and Developmental Disabilities, 116(3), 220–232. https://doi.org/10.1352/1944-7558-116.3.220

Boyd, C., Barnes, C., Eaves, S. J., Morse, C. I., Roach, N., & Williams, A. G. (2016). A time-motion analysis of Paralympic football for athletes with cerebral palsy. International Journal of Sports Science and Coaching, 11(4), 552–558. https://doi.org/10.1177/1747954116654786

Chard, R., & Davenport, A. (2020). Improving acces to physical activity through adaptive sports. Bridge Brief, 1–5.

Filho, E., Tenenbaum, G., & Yang, Y. (2015). Cohesion, team mental models, and collective efficacy: towards an integrated framework of team dynamics in sport. Journal of Sports Sciences, 33(6), 641–653. https://doi.org/10.1080/02640414.2014.957714

Football 7-a-side at the 2008 Summer Paralympics. (n.d.). Wikipedia.

Irawan, F. A., Junaidi, S., Permana, D. F. W., Aditya, L., & Prastiwi, T. A. S. (2023). Implementasi permainan tradisional plintengan dalam mengembangkan kemampuan psikomotorik. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.46838/spr.v4i1.292

Lape, E. C., Katz, J. N., Losina, E., Kerman, H. M., Gedman, M. A., & Blauwet, C. A. (2018). Participant-reported benefits of involvement in an adaptive sports program: A qualitative study. American Academy of Physical Medicine and Rehabilitation, 10(5), 507–515. https://doi.org/10.1016/j.pmrj.2017.10.008

Mahastuti, D. (2011). Mengenal lebih dekat anak lambat belajar. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 2 (1): 42–48. https://journal.trunojoyo.ac.id/personifikasi/article/view/702.

Murphy, N. A., & Carbone, P. S. (2008). Promoting the participation of children with disabilities in sports, recreation, and physical activities. Pediatrics, 121(5), 1057–1061. https://doi.org/10.1542/peds.2008-0566

Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). ABK (Anak Berkebtuhan Khusus). Foreign Affairs 91 (5): 1689–99.

Rahim, A., & Taryatman. (2018). Pengembangan model pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif Kota Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD.an

Rejeki, P. S., Irwadi, I., Munir, M., Kinandita, H., Putri, E. A. C., Mulyadi, S. Y., & Purwoto, S. P. (2020). Permsyarakatan dan pelatihan olahraga adaptif pada anak berkebutuhan khusus. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(1), 134–140.

Riansyah, W., & Nasution, N. A. D. (2021). Eksistensi permainan tradisional di era modern dan kaitannya dengan perkembangan motorik kasar anak. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(2), 110–116.

Sandika, A., & Mahfud, I. (2021). Penerapan Model Latihan Daya Tahan Kardiovaskuler With The Ball Permainan Sepak Bola SSB BU Pratama. Journal Of Physical Education, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.859

Sunarya, P.B., Irvan, M., & Dewi, D.P. (2018). Kajian penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana 2 (1): 11–19. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1617.

Tentang Special Olympic Indonesia. (n.d.). Special Olympic Indonesia.

Wijayanti, D. G. S., Soegiyanto, & Nasuka. (2016). Pembinaan olahraga untuk penyandang disabilitas di National Paralympic Committee Salatiga. Journal of Physical Education and Sport, 5(1), 17–23. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes

Wood, R. (2016). Football 7-a-side at the Paralympic Games. Topend Sports Network.

Y?ld?zl?, H., & Saban, A. (2016). The effect of self-regulated learning on sixth-grade turkish students’ mathematics achievements and motivational beliefs. Cogent Education, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1212456

Yoyo, B., & Adang, S. (2000). Prinsip-prinsip pengembangan dan modifikasi cabang olahraga. Jakarta: Depdikbud

Yudanto, Y., & Nurcahyo, F. (2020). Bermain sepak bola melalui pendekatan taktik. Jambura Health and Sport Journal, 2(2).

Yulianto, W.W.E. (2020). Identifikasi keberbakatan sepak bola pada siswa sekolah sepak bola hizbul wathan yogyakarta. Journal of Sport Education (JOPE), 2(2). https://doi.org/10.31258/jope.2.2.47-54