Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen dan mengetahui hasil pengukuran sikap mencintai lingkungan pada peserta didik SMK menggunakan instrumen yang sudah baku. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research development) model Djemari Mardapi. Lokasi penelitian ini berada di dua SMKN 6 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah peserta didik SMK yang berjumlah 150 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan bantuan google form. Teknik analisis data untuk menguji validitas menggunakan Formula Aiken. Hasil uji validitas terhadap angket mencintai lingkungan berdasarkan validasi tiga ahli dengan rata-rata 0,95 sehingga semua item sangat relevan dan dinyatakan valid. Jadi validasi ahli hanya dilakukan satu kali. Validitas konstruk menggunakan EFA dilihat dari nilai MSA pada uji terbatas item_ 1, _2, _6, _10, _12, _16, _17, _18, dan item_19 < 0,5; maka item tersebut tidak dapat dianalisis lebih lanjut sehingga dikeluarkan dan dilakukan pengujian ulang terhadap 11 item yang lain. Selanjutnya nilai reliabilitas 11 item dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai croncbach’s alpha sebesar 0,656. Karena nilai croncbach’s alpha 0,656 > 0,60 maka dapat disimpulkan bahwa ke 11 item pertanyaaan dari 20 item pertanyaan angket untuk variable “penilaian mencintai lingkungan pada pembelajaran produktif” adalah reliabel atau konsisten. Hasil rotasi varimax variabel yang terbentuk adalah sebanyak 4 faktor.
Abstract: This research aims to produce an instrument and find out the results of measuring the attitude of loving the environment in vocational school students using standard instruments. This type of research is research development (research development) Djemari Mardapi model. The location of this research was at two SMKN 6 Yogyakarta. The research subjects were 150 vocational school students. The data collection technique uses a questionnaire with the help of Google Form. Data analysis techniques to test validity use the Aiken Formula. The validity test results of the environmental love questionnaire were based on the validation of three experts with an average of 0.95 so that all items were very relevant and declared valid. So expert validation is only done once. Construct validity using EFA can be seen from the MSA value in the limited test items_1, _2, _6, _10, _12, _16, _17, _18, and item_19 < 0.5; then the item could not be analyzed further so it was removed and retested on the other 11 items. Furthermore, the reliability value of 11 items using SPSS obtained a Cronbach's alpha value of 0.656. Because the Cronbach's alpha value is 0.656 > 0.60, it can be concluded that the 11 question items from the 20 questionnaire question items for the variable "assessment of loving the environment in productive learning" are reliable or consistent. The results of the varimax rotation of the variables formed were 4 factors.